Rabu, 11 November 2015

Diabetes Adalah Faktor Risiko Utama Untuk Penyakit Ginjal

diabetes faktor risiko gagal ginjal
Diabetes mellitus, biasanya disebut diabetes, adalah penyakit di mana tubuh Anda tidak membuat cukup insulin atau tidak dapat menggunakan jumlah normal insulin dengan benar. Insulin adalah hormon yang mengatur jumlah gula dalam darah Anda. Tingkat gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah di banyak bagian tubuh Anda, termasuk penyakit gagal ginjal.

Apakah ada berbagai jenis diabetes?

Yang paling umum adalah diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Tipe 1 biasanya terjadi pada anak-anak. Hal ini juga disebut diabetes mellitus juvenile onset atau diabetes mellitus ketergantungan insulin. Pada tipe ini, pankreas tidak membuat cukup insulin dan Anda harus menggunakan suntikan insulin selama sisa hidup Anda.

Diabetes tipe 2, yang lebih umum, biasanya terjadi pada orang di atas 40 dan disebut diabetes mellitus dewasa. Penyakit ini juga disebut diabetes mellitus non insulin-dependent. Dalam tipe 2, pankreas masih membuat insulin, tetapi tubuh Anda tidak menggunakannya dengan benar. Tingkat gula darah tinggi sering dapat dikontrol dengan mengikuti diet dan / atau minum obat diabetes, meskipun beberapa pasien harus mengambil insulin. Diabetes tipe 2 sangat umum di kalangan Afrika Amerika, Indian Amerika, Amerika Latin dan Asia Amerika.
Apa akibat diabetes bagi ginjal?
Karena diabetes, pembuluh darah kecil dalam tubuh dapat terluka. Ketika pembuluh darah di ginjal terluka, ginjal tidak dapat membersihkan darah dengan benar. Tubuh Anda akan mempertahankan lebih banyak air dan garam dari yang seharusnya, yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan dan pergelangan kaki menjadi bengkak. Anda mungkin akan mengalami kelebihan protein dalam urin Anda. Juga, limbah akan menumpuk dalam darah Anda.

Diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf dalam tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih Anda. Tekanan yang dihasilkan dari kandung kemih yang penuh akan melukai ginjal. Juga, jika urine tetap dalam kandung kemih Anda untuk waktu yang lama, Anda dapat mengembangkan infeksi akibat pesatnya pertumbuhan bakteri dalam urin yang memiliki tingkat gula yang tinggi.

Lihat Juga : Obat Gagal Ginjal Herbal Ampuh

Berapa banyak pasien diabetes yang akan mengembangkan penyakit ginjal?

Sekitar 30 persen pasien dengan diabetes tipe 1 dan 10-40 persen dari mereka dengan Tipe 2 pada akhirnya akan menderita gagal ginjal.

Apa tanda-tanda awal penyakit ginjal pada pasien diabetes?

Tanda awal dari penyakit ginjal pada pasien pengidap diabetes adalah:
  • Ekskresi peningkatan albumin dalam urin
  • Berat badan dan pergelangan kaki membengkak
  • Berkemih lebih sering di malam hari
  • Tekanan darah tinggi.
Sebagai pengidap diabetes, Anda harus rutin kontrol tekanan darah. Hal ini akan menyebabkan kontrol yang lebih baik dari penyakit dan pengobatan dini untuk tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal. Kontrol ketat diabetes Anda, dapat menurunkan resiko terkena penyakit ginjal yang parah.
Apa tanda-tanda akhir penyakit ginjal pada pasien dengan diabetes?

Pada gagal ginjal, Blood urea nitrogen (BUN) akan meningkat serta, dibarengi dengan peningkatan kreatinin di dalam darah Anda. Anda juga mungkin mengalami mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lemah, meningkatkan kelelahan, gatal-gatal, kram otot (terutama di kaki) dan anemia (jumlah darah rendah). Anda mungkin memerlukan suntikan insulin. Karena ginjal yang rusak menyebabkan tubuh kekurangan insulin. Jika Anda mengembangkan tanda-tanda ini, hubungi dokter Anda segera.

Tanda-tanda Penyakit Ginjal pada Pasien Diabetes
  • Albumin / protein dalam urin
  • Tekanan darah tinggi
  • Pergelangan kaki dan kaki bengkak, kram kaki
  • Pergi ke kamar mandi lebih sering di malam hari
  • Tingginya kadar BUN dan kreatinin dalam darah
  • mual dan muntah
  • lemah, pucat dan anemia
  • Gatal
Apa yang akan terjadi jika ginjal saya telah rusak?
Pertama, dokter perlu mengetahui apakah diabetes telah menyebabkan kerusakan ginjal atau ada penyakit lain dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Ginjal Anda akan bekerja lebih baik dan lebih lama jika Anda:
  • Mengontrol diabetes Anda
  • Kontrol tekanan darah tinggi
  • Dapatkan pengobatan untuk infeksi saluran kemih
  • Memperbaiki masalah dalam sistem kemih Anda
  • Hindari obat-obatan yang dapat merusak ginjal
Jika tidak ada masalah lain yang ditemukan, dokter akan mencoba untuk menjaga ginjal Anda bekerja selama mungkin. Penggunaan obat-obatan tekanan darah tinggi yang disebut angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitor telah ditunjukkan untuk membantu memperlambat hilangnya fungsi ginjal.

Bagaimana ginjal terus bekerja selama mungkin?

Dokter ginjal, disebut nephrologist, akan merencanakan pengobatan untuk Anda, keluarga Anda dan ahli diet Anda juga berperan penting. Dua hal yang perlu diingat untuk menjaga ginjal Anda sehat yakni untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan mengikuti diet sehat. Membatasi protein dalam diet Anda juga mungkin bisa membantu. Anda dan ahli diet Anda dapat merencanakan diet Anda bersama-sama.

Tahap akhir gagal ginjal pada pasien dengan diabetes?

Tahap akhir gagal ginjal terjadi ketika ginjal tidak lagi dapat berfungsi seperti sedia kala, sehingga dialisis atau transplantasi diperlukan. Hal ini terjadi ketika ginjal berfungsi hanya 10 sampai 15 persen.

Bagaimana gagal ginjal diperlakukan pada pasien diabetes?

Tiga jenis pengobatan dapat digunakan sekali ginjal gagal: transplantasi ginjal, hemodialisis dan dialisis peritoneal. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang pilihan pengobatan menggunakan obat gagal ginjal herbal selain cuci darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar